Bahan Ajar Multimedia Interaktif Kewirausahaan SMK Menggunakan model Pembelajaran Problem Based Learning

Yulian Findawati, Suprianto Suprianto

Abstract


Abstract—Currently there are no alternative materials other than
text book teaching entrepreneurship. In this study the authors
will mengembangankan interactive multimedia teaching
materials entrepreneurship in vocational class X as an
alternative teaching materials entrepreneurship. The Interactive
Multimedia Instructional Materials using the Problem Based
Learning approach in the form of learning method that uses
problems as a first step in collecting and integrating new
knowledge based on experience . Where the Problem Based
Learning approach will be built in the form of interactive
multimedia using Macromedia Flash MX . In accordance with
the terminology used is problem based learning or problembased
learning , the interactive multimedia teaching materials is
an interactive multimedia teaching materials teaching materials
the user to position for the character / characters prospective
entrepreneurs who will know and solve the problem in which
entrepreneurship tailored to the vocational curriculum class X.
Interactive multimedia teaching materials testing will be
conducted using a questionnaire by media expert and expert due
diligence expected materi.upaya interactive multimedia
instructional materials that are built to attract students to
alternative learning entrepreneurship With the validation
performed by media specialists and materials experts as efforts
are expected to test the feasibility of an interactive multimedia
instructional materials that are built to attract students to learn
entrepreneurial
Intisari—Saat ini belum adanya alternatif bahan ajar
kewirausahaan selain text book kewirausahaan. Dalam penelitian
ini penulis akan mengembangankan bahan ajar multimedia
interaktif kewirausahaan pada SMK kelas X sebagai alternatif
bahan ajar kewirausahaan. Bahan Ajar Multimedia Interaktif
ini ini menggunakan pendekatan Problem Based Learning
berupa metode belajar yang menggunakan masalah sebagai
langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan
pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya. Dimana
pendekatan Problem Based Learning ini akan dibangun dalam
bentuk multimedia interaktif menggunakan software
Macromedia Flash MX. Sesuai dengan istilah yang digunakan
yaitu problem based learning atau pembelajaran berbasis
masalah, maka bahan ajar multimedia interaktif ini merupakan
sebuah bahan ajar multimedia interaktif yang memposisikan
pengguna bahan ajar untuk memerankan tokoh/karakter calon
wirausaha yang akan mengetahui dan menyelesaikan
permasalahan di dalam kewirausahaan yang disesuaikan
dengan kurikulum SMK kelas X. Pengujian bahan ajar
multimedia interaktif ini akan dilakukan menggunakan
metode kuisioner oleh ahli media dan ahli materi.upaya uji
kelayakan diharapkan bahan ajar multimedia interaktif yang
dibangun mampu menarik siswa untuk alternatif pembelajaran
kewirausahaan Dengan adanya validasi yang dilakukan oleh ahli
media dan ahli materi sebagai upaya uji kelayakan diharapkan
bahan ajar multimedia interaktif yang dibangun mampu
menarik siswa untuk belajar kewirausahaan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22146/jnteti.v3i4.112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (JNTETI)

JNTETI (Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi)

Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada
Jl. Grafika No 2. Kampus UGM Yogyakarta 55281
+62 274 552305
jnteti@ugm.ac.id