Praproses Data Alir ADS-B dari Multi-Receiver dengan Pengelompokan Agglomerasi Berbasis Konsistensi Jarak

Noor Fitria Azzahra, Hari Ginardi, Ahmad Saikhu

Abstract


Abstract— ADS-B is a surveillance technology for
transportation. For an aircraft, ADS-B broadcasts its
information simultaneously such as identity, flight number,
position, altitude, velocity, etc. Due to the limited range of
receiving the data, ADS-B needs multi-receiver to increase the
capability of receiving data. But, the usage of multi-receiver
raises new problems in the ADS-B data stream, such as
redundant and outliers. These problems can reduce the quality of
data received because it does not represent its actual flight
conditions, in other words the nature of time-series data are
blurred. This paper proposed a new method for preprocessing
the data stream of the ADS-B multi-receiver to get good quality
of data. The good quality of data means all unique data
successfully restored and redundant data is removed, so its timeseries
characteristic is regained. This method used coordinate
information (latitude and longitude) in ADS-B data as a
reference for preprocessing. Applying agglomeration clustering
techniques and the rule of distance consistency as merging
strategy of the cluster, this method is able to generate the data
ADS-B that represents the status of the real aircraft, which is
time-series data. This simple method can generate good quality
of data from the data ADS-B multi-receiver.
Intisari— ADS-B merupakan teknologi pengawasan pesawat.
Secara simultan, ADS-B menyebarkan informasi pesawat (ID,
nomor penerbangan, posisi, ketinggian, kecepatan, dan lain-lain)
melalui gelombang elektromagnetik. Karena terbatasnya
wilayah jangkauan receiver dalam menerima data ADS-B, maka
diperlukan multi-receiver untuk meningkatkan jangkauan
penangkapan sinyal. Penggunaan multi-receiver ini
memunculkan masalah baru dalam data alir ADS-B, antara lain
data redundan dan data pencilan sehingga menyebabkan data
yang diterima memiliki kualitas yang rendah karena tidak
merepresentasikan kondisi sebuah penerbangan yang
sebenarnya, dengan kata lain sifat timeseries pada data yang
diterima menjadi kabur. Dalam makalah ini, metode baru
diajukan dengan tujuan untuk praproses data alir ADS-B dari
multi-receiver sehingga dihasilkan data dengan kualitas yang
baik, di mana semua data unik berhasil dikembalikan sifat
timeseries-nya dan data redundan berhasil dihilangkan. Metode
ini memanfaatkan informasi posisi (lintang dan bujur) pesawat
pada data ADS-B sebagai acuan untuk praprosesnya. Dengan
teknik pengelompokan aglomerasi dan dengan aturan
konsistensi jarak antar data sebagai strategi penggabungan
kelompok, metode ini mampu menghasilkan data ADS-B yang
merepresentasikan keadaan pesawat sebenarnya, yaitu data
yang bersifat timeseries. Dengan metode yang sederhana ini
dapat dihasilkan data ADS-B dari multi-receiver dengan kualitas
yang baik.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22146/jnteti.v4i1.136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (JNTETI)

JNTETI (Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi)

Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada
Jl. Grafika No 2. Kampus UGM Yogyakarta 55281
+62 274 552305
jnteti@ugm.ac.id