Analisis Implementasi Paperless Office (PLO) di Lingkungan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (Studi Kasus di Tiga Fakultas)

Haried Novriando, Lukito Edi Nugroho, Noor Akhmad Setiawan

Abstract


One important aspect that is needed to determine the successful implementation of a system is the evaluation. Evaluation is one important aspect that is needed to figure out the successful implementation of an information system. This study aims: (1) to evaluate the use of System Paperless Office in University Gadjah Mada by using Delone and Mclean, (2) to proceed the survey data by using Partial Least Square (PLS) software for measuring user perceptions of the PLO. The data which have been collected are primary data by using questionnaires that has to be fulfilled by Gadjah Mada University employees of three faculties. Moreover, they have to be PLO users who actively use this system. The variables used are the system quality, information quality, service quality, user satisfaction, individual impact and organizational impact. The results of the survey indicate that PLO as a system has not been fully used by all PLO users. Some factors that hinder the utilization of PLO are the lack of information and system quality, so the users cannot maximize the advantage of the PLO. It also affects to the value of utility PLO.

Salah satu aspek penting yang diperlukan untuk menentukan keberhasilan implementasi suatu sistem adalah evaluasi. Evaluasi merupakan salah satu aspek penting yang diperlukan untuk mengetahui keberhasilan penerapan dari suatu sistem informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penggunaan sistem Paperless Office (PLO) Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dengan menggunakan metode Delone and Mclean, dan untuk mengolah data survei tersebut menggunakan software Partial Least Square (PLS) untuk mengukur persepsi pengguna terhadap PLO apakah berjalan sesuai fungsinya. Data yang diperoleh merupakan data primer dengan menggunakan kuesioner kepada karyawan beberapa Fakultas Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pengguna PLO yang aktif menggunakan sistem ini, yang terdiri dari 3 fakultas. Variabel-variabel yang digunakan adalah kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, kepuasan pengguna, dampak individu dan dampak organisasi.
Hasil survei menunjukkan bahwa pengguna PLO belum sepenuhnya digunakan oleh semua karyawan pengguna PLO. Faktor yang menghambat terhadap pemanfaatan ini adalah faktor kualitas informasi dan kualitas sistem sehingga pengguna belum merasakan atau memanfaatkan PLO ini secara maksimal dan berdampak pada kurangnya nilai penggunaan PLO.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22146/jnteti.v1i2.15

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (JNTETI)

JNTETI