Pembuatan Aplikasi Pencatatan Servis Mobil di PT. Armada International Motor Berbasis Android

Christine Dewi, Kumala Nindya Pramono Nindya Pramono

Abstract


Abstract— PT. Armada Internasional Motor (PT. AIM) is an
automotive company that has not only a sales division but also a
workshop division. There are some problems that occur in the
workshop division of PT. AIM, namely the ineffectiveness of data
recording of new customers for new services, as they are using
desktop-based application, hence, the customers must come to
the office beforehand. Furthermore, the data of service needs
and the Letter of Reparation Order by the Checker are not
directly known since they are in the desktop-system located in
the office, and the Service Advisor (SA) cannot directly find out
whether the service has been completed or not because the
Checker has to make a manual report to SA. From some of those
problems, it is concluded that a data recording system with the
portable and efficient mobile technology is highly needed. The
result of this study is an application of car service data recording
for both the SA and the Checker. The system of car service data
recording applies Google Cloud Messaging (GCM) technology to
facilitate the delivery of notice to the SA and the Checker.

Intisari— PT. Armada Internasional Motor (PT. AIM) adalah
perusahaan otomotif yang selain memiliki divisi penjualan juga
memiliki divisi bengkel. Terdapat beberapa masalah yang ada
pada divisi bengkel PT. AIM, yaitu tidak efektifnya pencatatan
pelanggan baru untuk servis baru karena dengan aplikasi
berbasis desktop pelanggan harus datang ke kantor dahulu, tidak
diketahuinya secara langsung kebutuhan data servis dan Surat
Perintah Kerja Bengkel oleh Kepala Regu atau Checker karena
berada di sistem desktop yang terletak di kantor, serta Service
Advisor (SA) tidak dapat mengetahui langsung jika servis sudah
selesai karena Checker harus memberitahukan secara manual
kepada SA. Dari beberapa masalah tersebut, maka dibutuhkan
sistem pencatatan dengan teknologi mobile yang portable dan
efisien. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi pencatatan servis
mobil untuk SA dan Checker. Sistem pencatatan servis mobil ini
menggunakan teknologi Google Cloud Messaging (GCM) untuk
mempermudah pengiriman pemberitahuan kepada SA dan
Checker.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22146/jnteti.v4i4.164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (JNTETI)

JNTETI (Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi)

Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada
Jl. Grafika No 2. Kampus UGM Yogyakarta 55281
+62 274 552305
jnteti@ugm.ac.id