Pengembangan Virtual Appliance Server Dengan Metode Virtualisasi

Novan Ardianto, Widyawan Widyawan, Sujoko Sumaryono

Abstract


Dengan semakin maju dan canggihnya teknologi komputer saat ini terutama pada PC dan server, ditandai dengan bermunculannya prosesor dengan inti ganda 2 (duo core), atau inti ganda 4 (quad core) bahkan hingga inti ganda 6 (hexa core). Padahal belum semua aplikasi saat ini terutama diluar animasi 3D dan games yang dapat memanfaatkan secara optimal prosesor berinti banyak (multiprosesor) tersebut, membuat prosesor-prosesor canggih tersebut banyak bekerja dengan tingkat utilisasi yang rendah atau hanya sedikit sumber daya yang terpakai. Prosesor canggih tersebut dapat kita manfaatkan untuk menjalankan aplikasi-aplikasi dan services secara virtualisasi.
Virtualisasi dapat dilihat sebagai bagian dari trend secara keseluruhan di perusahaan IT saat ini. Teknik virtualisasi semakin hari semakin terkenal dan banyak digunakan, dikarenakan selain melakukan penghematan sumberdaya, juga dapat memiliki kinerja yang cukup baik dalam menjalankan berbagai services sebuah server di dalam suatu jaringan. Bahkan virtualisasi kini dapat berjalan di atas infrastruktur cluster, yang akan membentuk HA (High Availability) server.
Dengan menggunakan aplikasi seperti VirtualBox dan Proxmox, yang mana merupakan tools yang sangat kuat, mudah di-setting dan terutama gratis, dapat dibuat sebuah virtual appliances yang mencakup fungsi-fungsi dan services pada server di jaringan yang sebenarnya. Hal ini bertujuan untuk membuktikan seberapa efektif dan efisien penggunaan virtualisasi pada komputer berinti banyak (multi prosesor)

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22146/jnteti.v1i1.4

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (JNTETI)

JNTETI (Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi)

Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada
Jl. Grafika No 2. Kampus UGM Yogyakarta 55281
+62 274 552305
jnteti@ugm.ac.id