Peningkatan Kualitas Aplikasi Pemantau Media Sosial dan Media Daring Menggunakan Metode WebQEM

Condro Kartiko, Galuh Boy Hertantyo

Abstract


Bersamaan dengan pertumbuhan dunia teknologi yang sangat cepat saat ini, aplikasi menjadi kebutuhan yang melekat pada pribadi setiap manusia. Ketergantungan manusia dengan berbagai macam aplikasi dimulai dari aplikasi skala kecil untuk menghibur pengguna hingga aplikasi skala besar berbasis web untuk berjalannya satu atau multi bisnis. Aplikasi yang menjadi pembahasan pada makalah ini adalah aplikasi pemantau media sosial dan media daring pada PT. XYZ di Indonesia. Berdasarkan hal ini, diperlukan suatu pengujian kualitas perangkat lunak yang semestinya dilakukan sehingga perangkat lunak dapat dikatakan layak dan berkualitas untuk digunakan. Tidak dibatasi dengan pengujian belaka, tetapi perlu dilakukan optimisasi dalam sebuah pengujian perangkat lunak yang selepas itu dapat membuat sebuah aplikasi terpelihara sesuai dengan alur proses pengembangan aplikasi. Metode yang digunakan dalam peningkatan kualitas aplikasi web adalah WebQEM. Terdapat dua macam evaluasi yang dilakukan, yaitu evaluasi dasar dan evaluasi global. Hasil evaluasi global pertama pada aplikasi pemantau media sosial dan media daring menghasilkan nilai sebesar 70,44%. Setelah itu dilakukan perbaikan pada aplikasi sesuai dengan kriteria pada evaluasi global pertama. Aplikasi yang sudah mengalami perbaikan, kemudian dievaluasi kembali. Hasil evaluasi global kedua menghasilkan nilai sebesar 77,41%. Hal ini membuktikan bahwa perbaikan yang telah dilakukan dengan menggunakan metode WebQEM dapat meningkatkan kualitas aplikasi pemantau media sosial dan media daring pada PT. XYZ.

Keywords


Strategi Evaluasi; WebQEM; Peningkatan Kualitas; Pengujian Perangkat Lunak

Full Text:

PDF

References


P. Becker, P. Lew, dan L. Olsina, “Specifying Process Views for a Measurement, Evaluation, and Improvement Strategy,” Advances in Software Engineering, Vol. 2012, Article No. 1, hal. 1-28, 2012.

L. Olsina dan G. Rossi, “Measuring Web Application Quality with WebQEM,” IEEE Multimedia, Vol. 9, Issue 4, hal. 20-29, 2002.

J.J. Dujmovic dan H. Nagashima, “LSP Method and Its Use for Evaluation of Java IDEs,” International Journal of Approximate Reasoning, Vol. 41, No. 1, hal. 3-22, 2006.

Schendel, H. Charles, dan Higgins, Organizational Policy and Strategic Management, Prentice Hall, 1985.

V. Antonio, Z. Nico, S. Carolyn dan S. Forrest, "Using the ISO/IEC 9126 Product Quality Model to Classify Defects: A Controlled Experiment," 16th International Conference on Evaluation & Assessment in Software Engineering (EASE 2012), 2012, hal. 187-196.

Z. Sharfina dan H.B. Santoso, “An Indonesian Adaptation of the System Usability Scale (SUS),” Advanced Computer Science and Information Systems (ICACSIS), 2016, hal. 145-148.

L.M. Uhlaner, “The Use of the Guttman Scale in Development of a Family Business Index. Scale,” Scientigic Analysis of Enterpreneurship and SMEs, Research Report, hal. 1-28, 2002.

L. Olsina, M.F. Papa, dan P. Becker, “Assessing Integrated Measurement and Evaluation Strategies: A Case Study,” 2011 7th Central and Eastern European Software Engineering Conference in Russia (CEE-SECR), 2011, pp. 1-10.

Y. Rahmah dan A. Aziz, “Portal System for Indonesian Online Newspaper,” 2016 International Seminar on Application for Technology of Information and Communication, 2016, hal. 169-173.

B.L. Wicaksono dan A. Susanto, “Evaluasi Kualitas Layanan Website Pusdiklat BPK RI Menggunakan Metode Webqual dan Importance Performance Analysis,” JNTETI, Vol. 2, No. 2, hal. 7-14, 2013.

S. Dalal dan R.S. Chhillar, “Case Studies of Most Common and Severe Types of Software System Failure,” International Journal of Advanced Research in Computer Science and Software Engineering, Vol. 2, Issue 8, hal. 341-347, 2012.

S.I. Swaid dan R.T. Wigand, “Measuring The Quality of E-Service: Scale Development and Initial Validation,” Journal of Electronic Commerce Research, Vol. 10, No. 1, hal. 13-28, 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.22146/jnteti.v7i2.415

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (JNTETI)

JNTETI (Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi)

Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada
Jl. Grafika No 2. Kampus UGM Yogyakarta 55281
+62 274 552305
jnteti@ugm.ac.id