Analisis Constructivist Multimedia Learning Environment dengan Pendekatan Bayesian Structural Equation Model

Eny Sukani Rahayu, Adhistya Erna Permanasari, Dewa Ayu Putu Nadya Hareswary, Inas Ulfah Prisabtini

Abstract


Constructivist Multimedia Learning Environment (CMLE) merupakan model pembelajaran yang di dalamnya seorang pengajar memberikan peserta didiknya sebuah pengalaman yang dapat membantu peserta didik untuk mengembangkan kemampuan memecahkan masalah, berpikir kritis, dan menjadi kreatif terhadap permasalahan di sekitarnya, dengan memanfaatkan multimedia sebagai sarana belajar. Untuk itu, CMLE Survey (CMLES) diperlukan sebagai sarana evaluasi yang dapat menilai efektivitas model pembelajaran ini. Setiap data yang diperoleh dari CMLES perlu dianalisis dengan menggunakan metode analisis yang dapat menunjukkan hubungan antara masing-masing variabel dengan indikatornya. Bayesian Structural Equation Model (SEM) dinilai sebagai pendekatan yang tepat dengan kelebihan seperti menggunakan informasi prior untuk memperoleh hasil posteriornya dan tidak terpengaruh oleh jumlah sampel. Ketujuh hipotesis yang ada dapat diterima seluruhnya dengan hasil sebagai berikut. RTH memberikan pengaruh positif pada CHL sementara CHL memberikan pengaruh positif pada COM. RLV memberikan pengaruh positif pada COM. RTH memberikan pengaruh positif pada INQ sementara INQ memberikan pengaruh positif pada NEG. Namun, CHL memberikan pengaruh negatif pada INQ dan RLV memberikan pengaruh negatif pada CHL.

Keywords


CMLE; CMLES; SEM; Bayesian; Multimedia

Full Text:

PDF

References


M. Neo dan T.-K. Neo, “Engaging Students in Multimedia-Mediated Constructivist Learning; Students’ Perceptions,” J. Educ. Technol. Soc., Vol. 12, No. 2, hal. 254–266, 2009.

M.S. Mahoney, “The History of Computing in the History of Technology,” IEEE Ann. Hist. Comput., Vol. 10, No. 2, hal. 113–125, Apr. 1988.

C. Samat, P. Vongtathum, S. Chaijaroen, dan I. Kanjug, "Design and Development of Constructivist Multimedia Learning Environment Enhancing Skills in Computer Programming", 6th IIAI International Congress on Advanced Applied Informatics (IIAI-AAI), 2017, hal. 1023-1026.

M.C. O’Connor, “Chapter 2: Can We Trace the ‘Efficacy of Social Constructivism’?,” Rev. Res. Educ., Vol. 23, No. 1, hal. 25–71, Jan. 1998.

T.-K. Ken Neo, "Using Multimedia in a Constructivist Learning Environment in the Malaysian Classroom," Australasian Journal of Educational Technology, Vol. 19, No. 3, hal. 293-310, 2003.

M. Dorit dan B.J. Fraser, “An Online Questionnaire for Evaluating Students’ and Teachers’ Perceptions of Constructivist Multimedia Learning Environments,” Res. Sci. Educ., Vol. 35, No. 2–3, hal. 221–244, 2005.

W. Widiharso, “Pelatihan Analisis SEM melalui AMOS,” Universitas Gadjah Mada, Modul Pelatihan, 2009.

M. Webster, “Bayesian Statistics,” J. Appl. Stat., Vol. 40, No. 12, hal. 2773–2774, Dec. 2013.

S. Landau dan B. Everitt, A Handbook of Statistical Analyses using SPSS, Boca Raton, Florida, USA: Chapman & Hall/CRC, 2004.

J.L. Arbuckle, “IBM SPSS AmosTM 22 User’s Guide,” Amos Development Corporation, 2013.

A.Y. Nawangsari, "Structural Equation Modeling pada Perhitungan Indeks Kepuasan Pelanggan dengan menggunakan Software AMOS (Studi Kasus: Perhitungan Indeks Kepuasan Mahasiswa FMIPA UNY Terhadap Operator IM3), Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia, Juni, 2011.

D.B. Dunson, J. Palomo, dan K. Bollen, “Bayesian Structural Equation Modeling,” Appl. Math. Sci., Vol. 98, hal. 163–188, 2005.




DOI: http://dx.doi.org/10.22146/jnteti.v7i4.454

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (JNTETI)

JNTETI (Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi)

Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada
Jl. Grafika No 2. Kampus UGM Yogyakarta 55281
+62 274 552305
jnteti@ugm.ac.id