Implementasi Metode Klasifikasi ABC pada Warehouse Management System PT. Cakrawala Tunggal Sejahtera

Ivan Chatisa, Istianah Muslim, Rika Perdana Sari

Abstract


Gudang merupakan tempat yang digunakan untuk menyimpan dan meletakkan barang yang dimiliki oleh perusahaan. Terdapat banyak aktivitas yang dilakukan di gudang, mulai dari proses pendataan barang hingga proses manajemen terhadap barang tersebut. Akan tetapi, masih ada perusahaan yang kesulitan dalam melakukan pendataan dan manajemen terhadap barang yang tersedia. Hal ini dikarenakan proses pendataan barang masih dilakukan dengan manual, sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk mencari informasi dari barang tersebut. Oleh karena itu, dibangunlah Warehouse Management System (WMS) dengan mengimplementasikan metode klasifikasi ABC untuk membantu pihak perusahaan dalam melakukan manajemen barang dalam gudang. Metode klasifikasi ABC merupakan metode yang digunakan untuk melakukan pengelompokan barang ke dalam kelas-kelas tertentu berdasarkan permintaan tahunan dari barang tersebut. Metode ini digunakan untuk mengatur peletakan barang pada gudang. Setelah dilakukan penerapan metode ABC pada sistem, pihak perusahaan merasa terbantu dalam melakukan penyusunan dan peletakan barang serta mengetahui informasi barang yang paling banyak dibutuhkan oleh konsumen. Berdasarkan hasil pengujian User Acceptance Test (UAT) yang dilakukan sebanyak tiga kali, disimpulkan bahwa seluruh kebutuhan pengguna telah terpenuhi dan diterima secara keseluruhan. Kemudian berdasarkan hasil rekapitulasi kuesioner yang disebarkan kepada karyawan sebanyak 30 responden, diperoleh sebanyak 91,33% menyatakan sistem mudah digunakan dan menyediakan informasi yang lengkap dan akurat (sangat setuju).

Keywords


Pergudangan; Warehouse Management System (WMS); Metode Klasifikasi ABC; Tata Letak Barang; User Acceptance Test (UAT)

Full Text:

PDF

References


C. Claudia, “Ulasan Perbaikan Sistem Inventori dan Tata Letak KSU dengan Metode ABC pada PT. Daya Adicipta Mustika,” Skripsi, Institut Teknologi Harapan Bangsa, Bandung, Indonesia, 2015.

S. Bimata dan P. Dodit, “Pengendalian Persediaan Obat Generik dengan Metode Analisis ABC, Metode Economic Order Quantity (EOQ), dan Reorder Point (ROP) di Apotek XYZ,” Skripsi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia, 2017.

N. Ananda, “Penerapan dan Perbandingan Pengklasifikasian Kelas Menggunakan Metode ABC dalam Pengendalian Persediaan Minyak Goreng pada Toserba Amanah Bandung Tulangagung,” Skripsi, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Kediri, Indonesia, 2017.

T. Arnold, Introduction to Material Management, 6th edition, New Jersey, USA: Pearson Prentice Hall, 2008.

T.H. Handoko, Dasar-Dasar Manajemen Produksi dan Operasi, Yogyakarta, Indonesia: BPFE, 1999.

E. Herjanto, Manajemen Operasi, Edisi ketiga, Jakarta, Indonesia: Grasindo, 2007.

V. Gaspersz, All in One Production and Inventory Management: Strategi Menuju World Class Manufacturing, Bogor, Indonesia: Vinchristo Publication, 2012.

L. Williams, “A (Partial) Introduction to Software Engineering Practices and Methods (Vol. 2006),” North Carolina State University, Course Pack, 2006.

D.F. Tatang, “Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Pada CV. Vanda Jaya Abadi,” Skripsi, AMIK Raharja, Tangerang, Indonesia, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.22146/jnteti.v8i2.501

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi

JNTETI (Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi)

Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada
Jl. Grafika No 2. Kampus UGM Yogyakarta 55281
+62 274 552305
jnteti@ugm.ac.id