Implementasi Fitur Electronic Customer Relationship Management pada Rekam Medis

Nuri Cahyono

Abstract


Abstract— Managing relationships with customers is a strategy that is currently required by each agency as a strategic part of the business in order to increase customer loyalty, in this case including both the health care institutions hospitals, health centers and other health care institutions. This study aims to implementation the features of Electronic Customer Relationship Management for the patient medical record. With this implementation of health care institutions will be able to apply the technology to help so that patients gain the ease and convenience of services provided which will later be formed customer loyalty.

Intisari—Mengelola hubungan baik dengan pelanggan merupakan strategi yang saat ini dibutuhkan oleh setiap instansi sebagai bagian dari strategis bisnis dalam rangka meningkatkan loyalitas pelanggan, dalam hal ini termasuk juga instansi pelayanan kesehatan baik itu rumah sakit, puskesmas dan instansi pelayanan kesehatan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan implementasi fitur Electronic Customer Relationship Management terhadap pasien rekam medis. Dengan implementasi ini nantinya instansi pelayanan kesehatan dapat menerapkan sebagai teknologi yang dapat membantu sehingga pasien memperoleh kemudahan dan kenyamanan akan pelayanan yang diberikan yang ahirnya nanti dapat terbentuk loyalitas pelanggan.

Kata Kuncie-CRM, fitur e-CRM, loyalitas pelanggan, e-CRM kesehatan


Full Text:

PDF

References


Mawarni, Dian and Dwi Wulandari, Ratna, “Identifikasi ketidaklengkapan Rekam Medis Pasien Rawat Inap Rumah sakit,” Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia vol. 1, pp. 192-199, jun. 2013.

Yunitarini, Rika, Purnomo Budi Santoso and Heru Nurwarsito, “Implementasi CRM dengan Metode Framework of Dynamic CRM,” Jurnal EECCIS, vol.6, Jun. 2012.

Siswono,“Aplikasi e-CRM Memb




DOI: http://dx.doi.org/10.22146/jnteti.v3i3.83

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (JNTETI)

JNTETI (Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi)

Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada
Jl. Grafika No 2. Kampus UGM Yogyakarta 55281
+62 274 552305
jnteti@ugm.ac.id