Perancangan Kontrol Fuzzy Adaptif Pada Sistem Kontrol Kecepatan Stasioner Mesin Bensin

Muhammad Fajri Nur Reimansyah, Aris Triwiyatno, Budi Setiyono

Abstract


Abstract—Idle speed control has been a classical problem in automotive control. The problem of idle speed control is to maintain the engine speed at a predetermined value (set-point) in the presence of various external torque such as air conditioner or power steering usage. Good idle speed control not only can reduce fuel consumption and emissions but also improve combustion stability. This study was conducted by simulating gasoline engine performance with various changes in external torque parameter using computational software. Control of idle speed with various changes in external torque was done using fuzzy control with adaptive mechanism on its parameters. System testing was done by providing an external torque changes using various step signals and random signal. The test results show that controlling system with adaptive fuzzy is able to keep idle speed at a predetermined value. Testing the system with adaptive fuzzy control produces smaller IAE value (59.19) than the fuzzy control without adaptation process (62.41).

Intisari— Kontrol kecepatan stasioner sudah sejak lama menjadi permasalahan yang banyak dibahas dalam kontrol otomotif. Pada kontrol kecepatan stasioner, permasalahan utama yang dibahas adalah menjaga kecepatan mesin agar tetap pada set-point dihadapkan dengan gangguan torsi eksternal yang dapat terjadi karena penggunaan AC (air conditioner), penyalaan unit elektronik, atau torsi yang dihasilkan oleh penggunaan power steering. Pengendalian kecepatan stasioner yang baik tidak hanya dapat mengurangi pemakaian bahan bakar dan emisi tetapi juga dapat meningkatkan kestabilan proses pembakaran. Penelitian dilakukan dengan mensimulasikan kinerja mesin bensin terhadap perubahan throttle dan torsi eksternal dengan perangkat lunak komputasi. Pengendalian kecepatan stasioner terhadap perubahan torsi eksternal dilakukan menggunakan kontrol fuzzy dengan parameter yang bersifat adaptif. Pengujian sistem dilakukan dengan memberikan perubahan torsi eksternal menggunakan sinyal anak tangga yang bervariasi dan sinyal random. Hasil pengujian menunjukkan pengendalian menggunakan kontrol fuzzy adaptif mampu menjaga kecepatan stasioner tetap pada referensi sebesar 954,9 rpm. Pengujian sistem dengan kontrol fuzzy adaptif menghasilkan nilai IAE yang lebih kecil (59,19) daripada sistem dengan kontrol fuzzy saja (62,41).

Kata kunci: Mesin bensin, kecepatan stasioner, fuzzy adaptif


Full Text:

PDF

References


Yildiz, Y., dan Annaswamy, A. M., Spark Ignition Engine Idle Speed Control : An Adaptive Control Approach, 2009.

Hsieh, F., Chen, B., dan Wu, Y., Adaptive Idle Speed Control For Spark-Ignition Engines, 2007.

Glielmo, L., Santini, S., dan Federico, N., Optimal Idle Speed Control with Induction-to-Power Finite Delay for SI Engines, pp. 200–209, 1999.

Hakim, M. L., Santoso, A., dan Susila, J., Perancangan dan Implementasi Kontroler PID untuk Pengaturan Waktu Injeksi dan Waktu Pengapian Saat Kecepatan Stasioner pada Spark Ignition

Engine, 2011.

Mahmood, A. M., Design of ON-Line Tuned Idle Speed Controller for an Automotive Engine By Using NCD, vol. 12, no.2, pp. 1–8, 2012.

Kruse, R., Gebhardt, J., dan Klawonn, F., A Fuzzy Controller For Idle Speed Regulation, University of Braunschweig, 1994.

Tanaka, K. , dan Wang, H. O., Design And Analysis Fuzzy Control Systems Design And Analysis, John Wiley & Sons INC. 2001.




DOI: http://dx.doi.org/10.22146/jnteti.v3i3.91

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (JNTETI)

JNTETI (Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi)

Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada
Jl. Grafika No 2. Kampus UGM Yogyakarta 55281
+62 274 552305
jnteti@ugm.ac.id