Publication Ethics

Penelitian yang dipublikasikan di JNTETI (Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi) harus mengikuti pedoman kelembagaan, nasional, dan internasional.
Semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan: penulis, editor jurnal, reviewer dan penerbit perlu menyepakati standar perilaku etis sesuai dengan yang diharapkan.

Publikasi dan kepengarangan:

  • Dalam naskah mereka, semua penulis harus memberitahukan segala bentuk konflik kepentingan finansial atau substantif lainnya yang mungkin ditafsirkan untuk mempengaruhi hasil atau interpretasi naskah mereka. Semua sumber dukungan keuangan untuk proyek harus diberitahukan.
  • Semua penulis harus memastikan bahwa tulisan mereka adalah seluruhnya karya mereka, dan harus ada pengutipan yang tepat jika mereka telah menggunakan karya dan/atau kata-kata orang lain.
  • Penulis tidak boleh melakukan pemalsuan atau manipulasi tanggal yang tidak pantas pada naskah mereka.
  • Secara umum semua penulis dilarang menerbitkan naskah yang pada dasarnya menggambarkan penelitian yang sama di lebih dari satu jurnal atau publikasi utama. Menyerahkan naskah yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku penerbitan yang tidak etis dan tidak dapat diterima.
  • Artikel yang dipublikasikan bidang ilmunya sesuai atau relevan dengan topik-topik  Jurnal JNTETI yang meliputi bidang (namun tidak terbatas pada):

            -    Teknologi Informasi : Rekayasa Perangkat Lunak, Pengetahuandan Data Mining, Teknologi Multimedia, Mobile Computing, Parallel / Distributed Computing, Kecerdasan Buatan, GrafikaKomputer, Virtual Reality

            -    Power Systems: Pembangkit, Distribusi Daya, Konversi Daya, Sistem Proteksi, Bahan Tenaga Listrik
            -    Isyarat, Sistem dan Elektronika: Algoritma Pengolahan Isyarat Digital, Sistem Robotika, Pengolahan Citra, Instrumentasi Biomedis, Mikroelektronika
            -    Sistem Komunikasi: Jaringan Protokol dan Manajemen, Sistem Telekomunikasi, Komunikasi Nirkabel, Optoelektronik, Jaringan Sensor & Sensor Fuzzy

Tanggung jawab penulis:

  • Penulis yang mengirimkan naskah untuk publikasi di JNTETI harus berpartisipasi dalam proses review.
  • Kepengarangan harus dibatasi pada individu-individu yang telah memenuhi ketiga kreiteria berikut:           
1)    Memberikan kontribusi yang signifikan terhadap konsepsi dan desain proyek, atau analisis dan interpretasi data, atau upaya ilmiah substansial lainnya
2)    Berpartisipasi dalam penyusunan, peninjauan, dan / atau revisi pekerjaan; dan
3)    Menyetujui versi final untuk publikasi. Setelah penyerahan awal naskah, perubahan apa pun dalam kepengarangan (menambah penulis, menghapus penulis, atau mengatur ulang urutan penulis) harus dijelaskan dengan surat kepada editor dari penulis yang bersangkutan. Isi surat ini harus diketahui dan disepakati oleh semua penulis makalah tersebut.
 
  • Penulis yang melaporkan penelitian asli harus menyajikan sebuah laporan dari pekerjaan yang dilakukan serta diskusi objektif tentang maknanya. Data pokok yang digunakan dalam penelitian harus diwakili secara akurat di dalam makalah. Sebuah makalah harus memuat detail dan referensi yang cukup untuk memungkinkan orang lain menduplikat karya tersebut. Kecurangan atau pernyataan tidak akurat yang disengaja merupakan perilaku tidak etis dan tidak dapat diterima.
  • Ketika seorang penulis menemukan kesalahan atau ketidakakuratan yang signifikan dalam karya yang diterbitkannya sendiri, adalah kewajiban penulis untuk segera memberi tahu editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik atau memperbaikinya.
  • Selain pernyataan etik Jurnal JNTETI, Anda harus membaca dan menyetujui ketentuan kebijakan editorial.
Proses Review / tanggung jawab untuk reviewer:

  • Proses Review harus dilakukan secara objektif. Kritik pribadi terhadap penulis merupakan hal yang tidak pantas. Reviewer harus menyatakan pandangan mereka dengan jelas dan disertai dengan argumen pendukung.
  • Informasi atau ide istimewa yang diperoleh melalui proses Review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Reviewer tidak boleh memperhitungkan naskah di mana mereka memiliki konflik kepentingan yang timbul dari persaingan, kolaborasi, atau hubungan atau koneksi lain dengan penulis, perusahaan, atau lembaga mana pun yang terhubung dengan makalah.
  • Reviewer harus mengidentifikasi karya terbitan relevan yang belum dikutip oleh penullis. Pernyataaan apapun yang merupakan sebuah pengamatan, derivasi, atau argumen yang sebelumnya telah dilaporkan harus disertai dengan kutipan relevan. Seorang reviewer juga harus meminta perhatian editor tentang kesamaan substansial atau tumpang tindih antara naskah yang sedang dalam pertimbangan dengan setiap makalah terbitan lain di mana mereka memiliki pengetahuan pribadi mengenainya.
  • Setiap naskah yang diterima untuk ditinjau harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Mereka tidak boleh diperlihatkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali sebagaimana diizinkan oleh editor.

Tanggung jawab redaksi :
  • Redaksi Jurnal JNTETI bertanggung jawab untuk menentukan artikel mana yang diserahkan ke jurnal yang akan diterbitkan. Redaksi dapat dipandu oleh kebijakan dewan redaksi jurnal dan dibatasi oleh persyaratan hukum yang akan berlaku terkait pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta dan plagiarisme. Redaksi dapat berunding dengan editor atau reviewer lain dalam membuat keputusan.
  • Redaksi seharusnya hanya menerima makalah jika cukup yakin.  Kriteria penerimaan untuk semua makalah didasarkan pada kualitas dan keaslian penelitian serta signifikansi klinis dan ilmiahnya.
  • Ketika seorang penulis menemukan kesalahan atau ketidakakuratan yang signifikan dalam karyanya terbitannya sendiri, merupakan kewajiban penulis untuk segera memberi tahu editor atau penerbit jurnal dan bekerja sama dengan mereka untuk menarik makalah atau menerbitkan erratum yang sesuai.
  • Editor harus menghormati hak kerahasiaan reviewer. Selain itu, editor tidak boleh memperlihatkan informasi tentang naskah (termasuk tanda terima, konten, status dalam proses peninjauan, kritik oleh reviewer, atau hasil akhir) kepada siapa pun selain penulis dan reviewer.
Masalah Etika Publikasi
 
  • Plagiarisme tidak dapat diterima di JNTETI. Penulis tidak boleh terlibat dalam plagiarisme, menyalin atau memparafrasekan teks atau hasil dari karya orang lain (tanpa atribusi). Penulis tidak boleh terlibat dalam plagiarisme diri (juga dikenal sebagai duplikat publikasi) dan replikasi yang tidak dapat diterima dari teks atau hasil penulis yang sebelumnya diterbitkan tanpa mengetahui sumbernya.  Untuk menghindari segala bentuk plagiarisme, setiap naskah diperiksa untuk kemiripan terhadap basis data Crosscheck menggunakan perangkat lunak TurnItIn.
  • JNTETI harus mempertimbangkan untuk menarik publikasi, jika:
    -    mereka memiliki bukti yang jelas bahwa temuan tersebut tidak dapat dipercaya, baik sebagai akibat dari pelanggaran (misalnya pemalsuan data) atau kesalahan murni (misal salah perhitungan atau kesalahan eksperimental)
    -    temuan sebelumnya telah diterbitkan di tempat lain dan tanpa rujukan silang, izin, atau justifikasi tepat (yaitu kasus-kasus publikasi yang berlebihan)
    -    merupakan plagiarisme
    -    melaporkan penelitian yang tidak etis
  • Sebuah naskah yang dikirim untuk publikasi di JNTETI harus mempertahankan karya asli dengan nilai-nilai teknis serta integritas catatan akademik. Selain itu, naskah harus menghindarkan kepentingan bisnis dari kompromi standar intelektual dan etis.